Skip to main content

Waspada Tugas seorang Hotel Manager itu sangat menentukan

Hotel Manager adalah jabatan yang sebaik nya diisi oleh orang yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menjalankan, memelihara, dan mencapai hasil yang baik untuk sebuah hotel. Saat ini mendapatkan Hotel Manager cukup mudah dengan dibuktikan ketika kita buka lowongan kerja mencari seorang Hotel Manager sudah dapat dipastikan lamaran yang masuk akan lebih dari sepuluh orang. Ini pertanda baik karena sumber daya manusia di bidang hotel sudah semakin banyak namun tantangan nya kita harus betul-betul melakukan seleksi dengan baik agar mendapatkan Hotel Manager yang tepat sesuai karakteristik dari hotel yang akan di jalankan.
Ketika hotel sudah memiliki seorang Manager maka tugas owner atau yang mewakili nya adalah terus memberikan support dan juga evaluasi secara benar dan obyektif. Ada beberapa hal yang menjadi referensi didalam menilai kualitas kerja seorang Hotel Manager, berikut kami informasikan sbb:
  • Nilai kepuasan Pelanggan, hal ini dilihat dari berapa banyak keluhan yang diterima atas hotel. Data bisa diperoleh dari Komentar tamu langsung, masukkan di intenets melalui Online Travel Agent, dll
  • Nilai kepuasan Pegawai, ini bagian penting juga yang harus di evaluasi karena bagaimanapun tidak akan tercipta pelayanan yang baik jika pegawai hotel merasa tidak nyaman.
  • Kualitas kontrol dari seorang manager sangat diperlukan untuk memastikan segala sesuatu telah sesuai prosedur dan kelayakan lainnya. Termasuk nilai-nilai safety dan security karena hotel merupakan bisnis yang melayani banyak orang.
  • Nilai profit yang dicapai dari waktu ke waktu, kondisi profit secara logika haruslah mengikuti grafik meningkat dan melihat dasar-dasar dari KIP atau Key Perfotmance I dicator.
Semua poin diatas tentu dibutuhkan secara konsisten untuk di kerjakan dan di evaluasi agar seorang manager betul-betul mampu membawa hotel yang dipimpin nya menuju goal yang telah ditentukan dan diharapkan sehingga segala sesuatu dapat menimbulkan nilai-nilai kepuasan. Sekarang timbul penrtanyaan, bagaimana kita bisa menilai dan memberikan evaluasi terhadap seorang manager? Sementara kita sendiri masih banyak hal yang belum mengerti bagaimana yang benar dan bagaimana yang seharusnya. Secara sederhana jika kita akan menilai kenierja orang lain tentu kita sendiri harus detail mengetahui pekerjaan dari orang yang akan kita nilai, sehingga hasilnya berdampak positif. Lantas bagaimana jika hal ini belum kita kuasai? Tenang saja semua ada solusi dan salah satu solusinya ikutin program kami "Quality Assurance" yang menjadi solusi sehingga mampu mendapatkan penilaian yang obyektif dan terukur. Selain itu akan ada rekomendasi hal-hal yang perlu dipebaiki secara lengkap dan mendalam.


Salam sukses.
Penulis adalah Founder dan C.E.O dari Points Hotel Consultant.

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...