Skip to main content

Faktor Kesuksesan Usaha Hotel

Ketat nya persaingan Bisnis Hotel saat ini sudah cukup membahana, mau tidak mau pelaku bisnis hotel harus berupaya keras agar hotel yang di kelola mampu terus bergulir bahkan menjadi yang terbaik. Jika kita mengamati, ada hotel-hotel yang selalu ramai dikunjungi oleh tamu dan ada juga yang masih saja sepi pengunjung, padahal berbagai cara dilakukan oleh pengelola hotel agar hotel nya bisa selalu ramai sepanjang bulan sepanjang tahun.
Usaha yang keras & gigih dalam memasarkan hotel tentu akan memberikan hasil yang setimpal, namun kadang banyak juga dari tamu-tamu yang didapatkan adalah ‘first and last visitor’, banyak tamu yang pada awalnya dengan senang hati datang, menginap dan menggunakan fasilitas yang dimiliki hotel harus check out dengan wajah cemberut, hati kesal dan mulut menggerutu. belum lagi, mereka yang kecewa ini akan menjadi duta yang ampuh bagi hotel atas kekecewaannya selama menginap di hotel tersebut.
Memang betul, barang yang bagus apabila tidak ditawarkan tidak akan pernah dibeli orang. kerja keras memasarkan hotelpun apabila hanya untuk menjadi ‘first and last visitor’ juga akan menghamburkan lebih banyak energy dan biaya sehingga keuntungan maksimal menjadi semakin susah dijangkau.
Bagi anda pemilik maupun pengelola hotel, perlu dipahami bahwa kesuksesan usaha hotel adalah hasil perpaduan atau sinergi yang berkesinambungan antara faktor-faktor yang menjadi kunci suksesnya usaha ini yaitu:
1. Faktor Kebersihan.
Adalah faktor utama yang langsung dilihat dan dirasakan oleh tamu hotel. kebersihan hendaknya tidak hanya di lobby saja, atau dikamar tamu saja namun kebersihan secara menyeluruh dari mulai gerbang pintu masuk hotel, seragam seluruh karyawan sampai ke bagian yang mungkin tidak tersentuh oleh tamu seperti back office, dapur dll. kebersihan di bagian back office maupun seragam karyawan ini akan memberikan pengaruh kenyamanan bekerja bagi staff anda yang akan menumbuhkan kebaggaan dalam bekerja.
2. Keramahtamahan
Orang atau tamu akan langsung merasa nyaman atau tidak nyaman hanya dengan secara sekilas melihat raut wajah yang ditampilkan oleh karyawan suatu hotel meskipun saat itu tidak sedang melayaninya. keramahtamahan staff hotel harus ditunjukan oleh semua lini baik mulai dari level yang terendah sampai level yang tertinggi di hotel. bila perlu, seorang manager hotel membantu belboy mengangkat barang atau membantu waiter melayani tamu di restaurant. keterlibatan seorang manager hotel dalam melayani tamu tidak akan sekali-kali menurunkan wibawanya sebagai manager hotel namun hal ini bisa memberikan pengaruh ganda yaitu bagi tamu dan bagi karyawannya. bagi tamu, mereka akan merasa bangga apabila dilayani oleh seorang manager, sedangklan bagi karyawan hotel akan termotivasi untuk bekersa secara baik & benar dengan penuh semangat. keramahan seorang manager hotel juga bisa mempengaruhi karyawannya untuk selalu bertindak ramah kepada para tamu hotel.
3. Kecepatan pelayanan
Faktor kecepatan dalam hal pelayanan menjadfi hal yang sangat mutlak harus diberikan oleh karyawan hotel kepada para tamunya. kecepatan dalam proses check in dan check out, pembersihan kamar, pengantaran pesanan makanan dll. faktor kecepatan dalam pelayanan menjadi sangat penting saat ini dimana konsumen semakin sibuk dan waktu yang sangat berharga bagi mereka.
4.Kesesuaian
Kesesuaian yang dimaksud disini adalah kesesuaian antara harga yang harus dibayar oleh tamu dengan fasilitas dan pelayanan yang didapat. semua tamu akan berhitung, apabila mereka sudah mengeluarkan uang yang banyak namun yang didapatkannya sangat mengecewakan maka sudah dapat dipastikan dia tidak akan pernah kembali lagi ke hotel anda. sebaliknya, harga yang mahal sering kali tidak dipersoalkan oleh tamu apabila mereka mendapatkan sesuatu yang lebih dan sangat berkesan di hotel anda. tidaklah mengherankan apabila ada suatu hotel kecil, terpencil dengan harga yang mahal tetap saja ramai dikunjungi oleh tamu-tamu setianya.
5.Keunikan.
Memiliki keunikan atau sesuatu yang hanya dimiliki oleh hotel anda adalah nilai jual yang sangat tinggi bagi suatu hotel, sehingga banyak pemilik hotel berfikir untuk mencari keunikan apa yang bisa ditampilkan oleh hotel yang dimilikinya. memiliki keunikan bisa dari segi fisik bangunan, design kamar, kelezatan makanan sampai pelayanan extra yang tidak dijumpai dihotel lain.

Kelima faktor diatas hanyalah sebagian faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan usaha hotel yang anda kelola,masih banyak faktor lain yang perlu digali misalnya saja professionalisme dll.
Bagi anda pemilik hotel kecil dan menengah, sudah selayaknya anda melakukan refreshment training bagi karyawan hotel anda sehingga mereka bisa selalu tampil prima dalam memberikan pelayanan kepada para tamu dan memberikan keuntungan jangka panjang bagi hotel anda.

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...