Ketat nya persaingan Bisnis Hotel saat ini sudah cukup membahana, mau tidak mau pelaku bisnis hotel harus berupaya keras agar hotel yang di kelola mampu terus bergulir bahkan menjadi yang terbaik. Jika kita mengamati, ada hotel-hotel yang selalu ramai
dikunjungi oleh tamu dan ada juga yang masih saja sepi pengunjung, padahal
berbagai cara dilakukan oleh pengelola hotel agar hotel nya bisa selalu ramai
sepanjang bulan sepanjang tahun.
Usaha yang keras & gigih dalam memasarkan hotel tentu akan
memberikan hasil yang setimpal, namun kadang banyak juga dari tamu-tamu yang
didapatkan adalah ‘first and last visitor’, banyak tamu yang pada awalnya
dengan senang hati datang, menginap dan menggunakan fasilitas yang dimiliki
hotel harus check out dengan wajah cemberut, hati kesal dan mulut menggerutu.
belum lagi, mereka yang kecewa ini akan menjadi duta yang ampuh bagi hotel atas
kekecewaannya selama menginap di hotel tersebut.
Memang betul, barang yang bagus apabila tidak ditawarkan tidak
akan pernah dibeli orang. kerja keras memasarkan hotelpun apabila hanya untuk
menjadi ‘first and last visitor’ juga akan menghamburkan lebih banyak energy
dan biaya sehingga keuntungan maksimal menjadi semakin susah dijangkau.
Bagi anda pemilik maupun pengelola hotel, perlu dipahami bahwa
kesuksesan usaha hotel adalah hasil perpaduan atau sinergi yang
berkesinambungan antara faktor-faktor yang menjadi kunci suksesnya usaha ini
yaitu:
1. Faktor Kebersihan.
Adalah faktor utama yang langsung dilihat dan dirasakan oleh
tamu hotel. kebersihan hendaknya tidak hanya di lobby saja, atau dikamar tamu
saja namun kebersihan secara menyeluruh dari mulai gerbang pintu masuk hotel,
seragam seluruh karyawan sampai ke bagian yang mungkin tidak tersentuh oleh
tamu seperti back office, dapur dll. kebersihan di bagian back office maupun
seragam karyawan ini akan memberikan pengaruh kenyamanan bekerja bagi staff
anda yang akan menumbuhkan kebaggaan dalam bekerja.
2. Keramahtamahan
Orang atau tamu akan langsung merasa nyaman atau tidak nyaman
hanya dengan secara sekilas melihat raut wajah yang ditampilkan oleh karyawan
suatu hotel meskipun saat itu tidak sedang melayaninya. keramahtamahan staff
hotel harus ditunjukan oleh semua lini baik mulai dari level yang terendah
sampai level yang tertinggi di hotel. bila perlu, seorang manager hotel
membantu belboy mengangkat barang atau membantu waiter melayani tamu di
restaurant. keterlibatan seorang manager hotel dalam melayani tamu tidak akan
sekali-kali menurunkan wibawanya sebagai manager hotel namun hal ini bisa
memberikan pengaruh ganda yaitu bagi tamu dan bagi karyawannya. bagi tamu,
mereka akan merasa bangga apabila dilayani oleh seorang manager, sedangklan
bagi karyawan hotel akan termotivasi untuk bekersa secara baik & benar
dengan penuh semangat. keramahan seorang manager hotel juga bisa mempengaruhi
karyawannya untuk selalu bertindak ramah kepada para tamu hotel.
3. Kecepatan pelayanan
Faktor kecepatan dalam hal pelayanan menjadfi hal yang sangat
mutlak harus diberikan oleh karyawan hotel kepada para tamunya. kecepatan dalam
proses check in dan check out, pembersihan kamar, pengantaran pesanan makanan
dll. faktor kecepatan dalam pelayanan menjadi sangat penting saat ini dimana
konsumen semakin sibuk dan waktu yang sangat berharga bagi mereka.
4.Kesesuaian
Kesesuaian yang dimaksud disini adalah kesesuaian antara harga
yang harus dibayar oleh tamu dengan fasilitas dan pelayanan yang didapat. semua
tamu akan berhitung, apabila mereka sudah mengeluarkan uang yang banyak namun
yang didapatkannya sangat mengecewakan maka sudah dapat dipastikan dia tidak
akan pernah kembali lagi ke hotel anda. sebaliknya, harga yang mahal sering
kali tidak dipersoalkan oleh tamu apabila mereka mendapatkan sesuatu yang lebih
dan sangat berkesan di hotel anda. tidaklah mengherankan apabila ada suatu
hotel kecil, terpencil dengan harga yang mahal tetap saja ramai dikunjungi oleh
tamu-tamu setianya.
5.Keunikan.
Memiliki keunikan atau sesuatu yang hanya dimiliki oleh hotel
anda adalah nilai jual yang sangat tinggi bagi suatu hotel, sehingga banyak
pemilik hotel berfikir untuk mencari keunikan apa yang bisa ditampilkan oleh
hotel yang dimilikinya. memiliki keunikan bisa dari segi fisik bangunan, design
kamar, kelezatan makanan sampai pelayanan extra yang tidak dijumpai dihotel
lain.
Kelima faktor diatas hanyalah sebagian faktor yang dapat
mempengaruhi kesuksesan usaha hotel yang anda kelola,masih banyak faktor lain
yang perlu digali misalnya saja professionalisme dll.
Bagi anda pemilik hotel kecil dan menengah, sudah selayaknya anda melakukan refreshment training bagi karyawan hotel anda sehingga mereka bisa selalu tampil prima dalam memberikan pelayanan kepada para tamu dan memberikan keuntungan jangka panjang bagi hotel anda.
Bagi anda pemilik hotel kecil dan menengah, sudah selayaknya anda melakukan refreshment training bagi karyawan hotel anda sehingga mereka bisa selalu tampil prima dalam memberikan pelayanan kepada para tamu dan memberikan keuntungan jangka panjang bagi hotel anda.
Comments
Post a Comment