Sebagai karyawan Hotel di era
persaigan ketat saat ini sesungguhnya tidak dapat lagi hanya membanggakan
status bintang, fasilitas dan kemegahan dari hotel dimana kita bekerja.
Kemampuan dari setiap element SDM sangatlah diperlukan agar sebuah hotel mampu
berkiprah dalam menjaring tamu-tamu yang saat ini lebih selective dan
sensitive.
MITOS :
-
Untuk mampu menjual harus mempunyai bakat berbicara.
-
Menjual indentik harus sedikit menipu
-
Mampu menjual harus didasari bakat.
PENDAPAT NEGATIVE KARYAWAN :
-
Hotel kita sudah jelek pantas saja tamu tidak ramai
-
Hotel kita mahal sedangkan hotel lain murah dan bagus
-
Masih banyak pikiran negative kita yang kadang kita
sendiri sudah tidak PD lagi menjadi karyawan dari hotel dimana kita belerja,
lantas kalau sudah begini bagaimana hotel kita bias memberikan gaji untuk
kita??????
TANGGUNG JAWAB KARYAWAN TERHADAP
TINGKAT HUNIAN HOTEL
-
Membangun dan memelihara hubungan baik dengan customer.
-
Mendidik Customer
-
Memberi nasihat / menjadi consultant bagi customer
-
Mampu berkomunikasi 2 arah
-
Menjual dan melayani
secara bertanggung jawab.
APAKAH PROFESIONAL SALES PERSON :
Sebagaimana kita ketahui bahwa
tingkat hunia sebuah hotel diawali oleh keberhasilan setiap SDM dalam
ketrampilan menjual produk jasa yang dihasilkan baik secara langsung sebagai
seorang sales ataupun secara tidak langsung bagi karyawan bagian lain.
Profesional Penjualan Produk Jasa
Hotel adalah, bagaimana setiap SDM yang ada mampu mengasah ketrampilan dalam
menjual dan melayani, ingat kemampuan menjual dan melayani tidak pernah di
katakan professional hanya dengan tergantung anugerah akan tetapi hanya dapat
diraih dengan ketrampilan yg harus dipelajari.
LANDASAN DASAR SDM PROFESIONAL
-
Pengetahuan
-
Keyakinan
-
Kemampuan
Pengetahuan
yang dibutuhkan
adalah bagaimana kita tahu Calon pembeli kita, Produk kita, Dunia kita,
Persaingan kita, Daerah kita dan aturan kita.
Keyakinan
Yakin pada
perusahaan kita, yakin pada produk kita, yakin pada diri kita
Kemampuan
Mampu
membuat perencanaan, mampu berkomunikasi, mampu mengatur waktu
APA YANG DIPERLUKAN SDM HOTEL
PROFESIONAL
-
Mendengarkan apa yang disampaikan pelanggan
-
Memperhatikan kepentingan Pelanggan dan Perusahaan
-
Bertindak asertif; menyampaikan sesuatu secara terus
terang tanpa menyinggung pelanggan
-
Sensitif / peka terhadap kebutuhan, perasaan, emosi
pelanggan dan berusaha memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
-
Pelanggan tidak hanya membeli produk tetapi yg
terpenting mereka ingin membeli benefits.
SIKAP MENTAL POSITIF
-
Selalu menerima tantangan baru, hindari pernyataan
“terlalu sukar”, “tidak mungkin”, “itu bukan bagian saya”, dll.
Seorang yang
bermental positif dan professional akan tergambal dari contoh kasus berikut :
Sebuah
perusahaan sepatu mengirimkan Karywan nya ke daerah Badui, maka
Si A : Segera pulang “ Tidak
ada harapan sepatu kita laku disini, karena
penduduk asli disini tidak suka pakai sepatu”
Si B : Antusias dan berkata “
Saya harus tinggal lebih lama disini, disini kesempatan saya besar karena
penduduk asli disini belum ada yang memakai sepatu”
AGEF/FEB/2008
Comments
Post a Comment