Skip to main content

MENJADI SDM HOTEL PROFESIONAL

Sebagai karyawan Hotel di era persaigan ketat saat ini sesungguhnya tidak dapat lagi hanya membanggakan status bintang, fasilitas dan kemegahan dari hotel dimana kita bekerja. Kemampuan dari setiap element SDM sangatlah diperlukan agar sebuah hotel mampu berkiprah dalam menjaring tamu-tamu yang saat ini lebih selective dan sensitive.

MITOS :
-          Untuk mampu menjual harus mempunyai bakat berbicara.
-          Menjual indentik harus sedikit menipu
-          Mampu menjual harus didasari bakat.

PENDAPAT NEGATIVE KARYAWAN :
-          Hotel kita sudah jelek pantas saja tamu tidak ramai
-          Hotel kita mahal sedangkan hotel lain murah dan bagus
-          Masih banyak pikiran negative kita yang kadang kita sendiri sudah tidak PD lagi menjadi karyawan dari hotel dimana kita belerja, lantas kalau sudah begini bagaimana hotel kita bias memberikan gaji untuk kita??????

TANGGUNG JAWAB KARYAWAN TERHADAP TINGKAT HUNIAN HOTEL
-          Membangun dan memelihara hubungan baik dengan customer.
-          Mendidik Customer
-          Memberi nasihat / menjadi consultant bagi customer
-          Mampu berkomunikasi 2 arah
-          Menjual dan melayani  secara bertanggung jawab.

APAKAH PROFESIONAL SALES PERSON :
Sebagaimana kita ketahui bahwa tingkat hunia sebuah hotel diawali oleh keberhasilan setiap SDM dalam ketrampilan menjual produk jasa yang dihasilkan baik secara langsung sebagai seorang sales ataupun secara tidak langsung bagi karyawan bagian lain.

Profesional Penjualan Produk Jasa Hotel adalah, bagaimana setiap SDM yang ada mampu mengasah ketrampilan dalam menjual dan melayani, ingat kemampuan menjual dan melayani tidak pernah di katakan professional hanya dengan tergantung anugerah akan tetapi hanya dapat diraih dengan ketrampilan yg harus dipelajari.

LANDASAN DASAR SDM PROFESIONAL
-          Pengetahuan
-          Keyakinan
-          Kemampuan

Pengetahuan
yang dibutuhkan adalah bagaimana kita tahu Calon pembeli kita, Produk kita, Dunia kita, Persaingan kita, Daerah kita dan aturan kita.


Keyakinan
Yakin pada perusahaan kita, yakin pada produk kita, yakin pada diri kita

Kemampuan
            Mampu membuat perencanaan, mampu berkomunikasi, mampu mengatur waktu

APA YANG DIPERLUKAN SDM HOTEL PROFESIONAL
-          Mendengarkan apa yang disampaikan pelanggan
-          Memperhatikan kepentingan Pelanggan dan Perusahaan
-          Bertindak asertif; menyampaikan sesuatu secara terus terang tanpa menyinggung pelanggan
-          Sensitif / peka terhadap kebutuhan, perasaan, emosi pelanggan dan berusaha memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
-          Pelanggan tidak hanya membeli produk tetapi yg terpenting mereka ingin membeli benefits.

SIKAP MENTAL POSITIF
-          Selalu menerima tantangan baru, hindari pernyataan “terlalu sukar”, “tidak mungkin”, “itu bukan bagian saya”, dll.
Seorang yang bermental positif dan professional akan tergambal dari contoh kasus berikut :

Sebuah perusahaan sepatu mengirimkan Karywan nya ke daerah Badui, maka

Si A     : Segera pulang “ Tidak ada harapan sepatu kita laku disini, karena  penduduk asli disini tidak suka pakai sepatu”

Si B     : Antusias dan berkata “ Saya harus tinggal lebih lama disini, disini kesempatan saya besar karena penduduk asli disini belum ada yang memakai sepatu”


AGEF/FEB/2008


Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...