Skip to main content

Trend Pengelolaan Hotel saat ini

Pada masa serba luar biasa ini semua lini bisnis terus berovolusi dan berevolusi, sehingga perkembangan nya bisa sangat cepat dan semakin bervariasi gaya yang di ciptakan. Demikian pula dengan gaya pengelolaan hotel saat ini terus berubah dan berkembang.

Berikut kami berbagi pengetahuan beberapa gaya pengelolaan hotel yang ada saat ini:
  • Gaya Independent, suatu pengelolaan hotel yang di jalankan sendiri tanpa melibatkan perusahaan lain sebagai operator nya. Hal ini bagus jika memang sudah memiliki kepercayaan diri yang tinggi dengan ditunjang skill dan pengetahuan yang mumpuni. Jika tidak sulit rasa nya akan mampu bersaing didalam era global saat ini.
  • Gaya Brand Luar Negeri, hotel ini menggunakan operator yang berbasis di luar negeri. Secara konsep tentu sangat baik namun cermati juga beberapa hal karena fee yang harus dibayar tidak murah.
  • Gaya Makelar nah gaya ini cukup trend saat ini bahkan booming namun perlu diwaspadai ini sebenarnya bukan gaya pengelolaan hotel akan tetapi konsep menjual kamar hotel dan mereka menarik fee yang relatif besar. Secara instant ini ok akan tetapi secara luas gaya ini relatif membahayakan pemilik hotel. Lihat saja cara mereka menerapkan kebijakan harga kamar kadang sangat murah sehingga kedepan jika hotel dikelola sendiri maka sulit untuk mengembalikan harga normal nya karena image dari publik bahwa hotel kita adalah hotel murah. Selain ini gaya ini mereka tidak peduli dg pengelolaan property hotel nya bagi mereka yg penting kamar terjual dan dapat fee. Rata2 gaya ini cocok untuk kos2 an yg dijadikan hotel dan nilai sendiri mayoritas kondisi pelayanan, kebersihan dan maintenance hotel tidak mereka perhatikan sama sekali.
  • Gaya Brand Lokal, saat ini cukup banyak mulai dari yang biasa saja sampai dengan yang sudah cukup mumpuni. Fee juga tidak mahal sehingga sangat cocok jika ingin dijadikan mitra pengelolaan hotel yang kita miliki. Hanya saja karena cukup banyak maka owner hotel harus memperhatikan hal- hal yang penting didalam kerjasama sehingga tidak menimbulkan penyesalan dikemudian hari. Berikut hal penting yang perlu diperhatikan: 
  1. Pastikan track record team mereka, yakin kan bahwa team nya lengkap dan berpengalaman. Team inti yang wajib punya adalah Technical Assistant Services, Accounting and Finance, Sales and Marketing, IT and Digital Marketing, Operational team mulai dari FO, F&B, HK, M &E, dll. Dengan team yang kuat dapat dipastikan support mereka atas hotel yang dikelola nya akan maksimal.
  2. Pastikan operator tsb telah memiliki hotel sendiri sehingga kita tahu bahwa mereka adalah operator yang berpengalaman dibidang usaha hotel bukan hanya sebagai operator belaka. Ingat berbeda jauh nilai pengalaman hanya sebatas operator hotel dengan yang sudah benar-benar terjun sendiri di bisnis hotel. Akan lebih keren jika kedua-dua nya telah dimiliki yakni pengalaman memiliki hotel sendiri plus pengalaman mengelola hotel orang lain. Tapi ya g demikian langka akan tetapi ada salah satunya kami sendiri.
  3. Fleksibiltas didalam kerjasama juga wajib di pertimbangkan.
  4. Benefits dan alat yang mereka punya untuk menjalankan hotel yang dikelolanya seperti marketing tool, data base customer, tekhnology digital, Sales Team di Jakarta, yang semua itu nanti nya merupakan alat mereka untuk menjadikan hotel kita mendapatkan keuntungan maksimal.
Itulah sedikit tips dari kami, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Salam


Arosa Hotel Management

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...