Skip to main content

Account Recievable Hotel

Dalam bisnis hotel Account Recievable (A.R) suatu hal yang tidak bisa dihilangkan, namun hal terpenting adalah kontrol A.R merupakan poin sangat penting. Beberapa hal yang wajib di kontrol adalah bagaimana proses timbul nya A.R dan bagaimana proses penagihan nya yang benar dan konsisten. Kurang baik nya dalam hal A.R akan sangat berpengaruh pada cash flow hotel dan paling fatal akan menjadi bad debt yang merugikan hotel secara langsung.

Berikut poin-poin utama dalam kontrol A.R hotel sbb:

1.Pastikan bahwa timbul nya A.R memgikuti prosedur yang benar, mulai dari persetujuan credit facility yang ketat dan objective. Yakin kan bahwa hanya perusahaan yang baik dan benar saja yang dapat diberikan credit facility, analisa dan cross check secara detail tentu sangatlah penting. Persetujuan credit facility harus melalui tahapan ; Sales Manager, Credit Manager, Chief Accountant, HM/ GM

2.Jangan ragu untuk menetukan maximal nominal credit untuk perusahaan yang disetujui credit facility nya.Masing-masing perusahaan bisa berbeda-beda tergantung skala perusahaan tsb.

3.Pastikan setiap tamu yang masuk dan akan menjadi city ledger selalu dilengkapi guarantee letter resmi dari perusahaan nya dan jelas apa saja yang menjadi beban perusahaan tsb.

4.Jangan pernah menyetujui ada nya city ledger /A.R untuk tamu personal, walaupun tamu itu adalah reguller guest di hotel kita.

5.Monitor A.R dengan cermat oleh pihak Accounting hotel agar tidak ada pelanggaran dari hotel ataupun perusahaan nya.

6.Selalu lakukan credit meeting rutin setiap bulan nya untuk membahas A.R yang ada. Meeting ini bisa melibatkan FO.Dept, Sales Dept, Accounting Dept, HM/ GM dan pihak lain yang berhubungan.

7.Cermati usia A.R yang melebihi ketentuan, biasanya usia A.R di kelompokkan dengan usia <30 hari, 30-60 hari, 60-90 hari, diatas 90 hari.

8.Pastikan adanya surat teguran bagi perusahaan yang melewati usia tagihan atau melebihi credit limit.

9.Pastikan bagian utama seperti Sales Dept, FO.Dept disiplin dalam hal A.R.

Itulah poin utama yang penting dalam kontrol A.R. Hal lain sebagai referensi kita bahwa A.R hotel jangalah nominal nya melebihi 40% dari total revenue hotel sebulan.

Salam sukses


Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...