Kita fahami bahwa late check out adalah salah satu strategy untuk meningkatkan revenue kamar dan juga untuk mendisplinkan tamu check out tepat waktu sehingga tidak terganggu nya proses check in tamu berikutnya. Tidak salah bahwa hotel menerapkan aturan batas jam check out, apabila tamu ingin mengulur waktu check out maka bisa dikenakan extra charge. Namun perlu diperhatikan bahwa hotel adalah bisnis jasa yang perlu memikirkan kenyamanan tamu. Untuk itu tips berikut merupakan solusi agar tercipta win-win solution
1. Pastikan alasan tamu yg meminta check out, jika alasan nya betul-betul kita nilai wajar alangkah baik nya di layani free saja namun tetap pada batasan wajar.
2. Lihat posisi reservasi berikutnya, apabila late check out tidak menggangu tamu berikut nya kenapa tidak dilayani saja dg memerhatikan point ke-1 diatas.
3. Jangan buru2 menerapkan aturan kita tanpa memberikan solusi, buat apa kita mendapat extra charge yg minim jika dibanding tamu tsb. jadi malas dan kecewa sehingga tidak kembali lagi.
4. Perhatikan birokarasi, kadang hotel tidak melepaskan keputusan pada staff yg menangani tamu langsung sehingga harus melalui birokrasi panjang harus ke manager dulu. Padahal ini berakibat tamu terhambat. Alangkah bijaksana nya serahkan saja tg. jawab ini pada staff Front Desk namun kontrol lah yang diperlukan.
5. Ketika tamu meminta late check out, lihat juga siapa tamu tsb. jika dia tamu potensial, tamu reguller atau tamu VIP alangkah aneh nya jika hotel mengenakan extra charge yang tidak seberapa ini.
6. Lihat juga jam check in tamu tsb. Disini kita bisa jadikan refferensi untuk mengenakan extra charge atau free. Andai tamu check in Malam hari apalagi tengah malam saya kira wajar saja kita berikan fasiltas free late check out.
Inilah tips bijak mengenai late check out, semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti blog kami dan like kami. Terimakasih.
Comments
Post a Comment