Skip to main content

LATE CHECK OUT

Kita fahami bahwa late check out adalah salah satu strategy untuk meningkatkan revenue kamar dan juga untuk mendisplinkan tamu check out tepat waktu sehingga tidak terganggu nya proses check in tamu berikutnya. Tidak salah bahwa hotel menerapkan aturan batas jam check out,  apabila tamu ingin mengulur waktu check out maka bisa dikenakan extra charge. Namun perlu diperhatikan bahwa hotel adalah bisnis jasa yang perlu memikirkan kenyamanan tamu.  Untuk itu tips berikut merupakan solusi agar tercipta win-win solution
1.  Pastikan alasan tamu yg meminta check out, jika alasan nya betul-betul kita nilai wajar alangkah baik nya di layani free saja namun tetap pada batasan wajar.
2. Lihat posisi reservasi berikutnya, apabila late check out tidak menggangu tamu berikut nya kenapa tidak dilayani saja dg memerhatikan point ke-1 diatas.
3. Jangan buru2 menerapkan aturan kita tanpa memberikan solusi,  buat apa kita mendapat extra charge yg minim jika dibanding tamu tsb. jadi malas dan kecewa sehingga tidak kembali lagi.
4. Perhatikan birokarasi,  kadang hotel tidak melepaskan keputusan pada staff yg menangani tamu langsung sehingga harus melalui birokrasi panjang harus ke manager dulu. Padahal ini berakibat tamu terhambat. Alangkah bijaksana nya serahkan saja tg. jawab ini pada staff Front Desk namun kontrol lah yang diperlukan.
5. Ketika tamu meminta late check out,  lihat juga siapa tamu tsb. jika dia tamu potensial, tamu reguller atau tamu VIP alangkah aneh nya jika hotel mengenakan extra charge yang tidak seberapa ini.
6. Lihat juga jam check in tamu tsb. Disini kita bisa jadikan refferensi untuk mengenakan extra charge atau free. Andai tamu check in Malam hari apalagi tengah malam saya kira wajar saja kita berikan fasiltas free late check out.

Inilah tips bijak mengenai late check out, semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti blog kami dan like kami. Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...