Skip to main content

Tips untuk Pre Opening Team Hotel

Sebelum hotel baru dibuka tentu ada prosea rekrut pegawai baru yang disebut Pre Opening Team. Sebagai pre opening team beban tanggung jawab lumayan besar karena cikal bakal sukses nya bisnis dihotel baru diawali kemampuan kerja dari team ini. 
Berikut hal-hal yang patut diperhatikan dalam membentuk pre opening team:
  • Sesuaikan latar belakang mereka dg benar dan objektif, hindari memaksakan menerima hanya adanya refferensi. Harus tegas bahwa kita harus betul betul selektif dan menganut prinsip "put the right man on the right possition" 
  • Jelaskan ke pre opening team akan konsep hotel kita dan pastikan mereka memiliki nilai sesuai konsep tsb. 
  • Satukan missi dan visi, corporate culture juga harus jelas sampai kemereka dan mampu dicerna dg maksimal karena merekalah yang akan mewariskan hal ini kepada team berikut nya. 
  • Lakukan training yg terarah bila perlu individual training sehingga hasil nya benar dan tepat. 
  • Hapus dan hilangkan pemikiran dari masing-masing individu akan bayang konsep yang mereka miliki dari hotel sebelum nya. 
Nah itulah dasar-dasar yang perlu di perhatikan, sebelum masuk ke poin selanjut nya. Melibatkan Konsultan atau bekerjasama dengan Hotel Management tentu akan lebih baik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa "like" nya. 

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...