Skip to main content

LAKUKAN INI JIKA MAU CEPAT DI TERIMA KERJA


Penulis : Agus E. Ageftry
Dari informasi Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, pada tahun 2017 telah terjadi kenaikan jumlah  pengangguran di Indonesia sebesar 10.000 orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017 dari Agustus 2016 sebesar 7,03 juta orang. Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan, pertambahan jumlah  pengangguran tersebut disebabkan oleh peningkatan jumlah angkatan kerja di Indonesia. "Setahun terakhir, pengangguran bertambah 10.000 orang menjadi 7,04 juta di Agustus 2017," ujar Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (6/11/2017).
Nah kalau kita melihat data ulasan diatas memang cukup prihatin apalagi saat ini mayoritas masyarakat Indonesia masih memilih untuk berkerja daripada menciptakan lapangan kerja, tak heran persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi semakin ketat.

Jika anda sudah berulang kali mendapat panggilan kerja dan interview namun anda masih belum mendapatkan pekerjaan mungkin ada yang keliru pada diri anda. Tapi tenang dan tetap semangat yaa, jangan putus asa karena kegagalan bukan karena kebodohan. Seringkali calon pekerja yang lebih pintar malah kalah bersaing dengan yang biasa-biasa saja. Kami ingin berbagi tips terbaik untuk cepat mendapat kan pekerjaan, ikutilah beberapa poin jitu yang kami rangkum dari pengalaman pribadi kami ketika masih mencari pekerjaan sampai dengan saat ini kami sering mencari pekerja.

ADA APA DENGAN LAMARAN KERJA ANDA

Sebelum dipanggil untuk seleksi atau sesi wawwancara, lamaran kerja adalah persiapan awal yang harus diperhatikan. Nah coba perhatikan hal-hal sbb :

  • Kerapihan tulisan atau pengetikkan 
  • Susunan kalimat, tata bahasa, ejaan 
  • Buat dengan jelas dan padat 
  • Gunakan jenis huruf yang formal
  • Pastikan penulisan nama perusahaan yang akan di lamar benar
  • Tulislah nama atau jabatan yang dituju secara benar.
  • Jangan lupa bubuhkan tanda tangan anda di lamaran yang anda buat.
  • Lengkapi dengan lampiran yang benar dan akurat.
  • Lampiran foto diri anda terkini dan jangan pernah di edit atau memasukkan foto yang kurang tepat/ non formal.

SUKSES SAAT WAWANCARA

Memasuki sisi wawancara adalah salah satu langkah maju anda, paling tidak anda telah sukses menarik minat team seleksi untuk memanggil anda dan melakukan wawancara. Berhati-hatilah ini sangat penting, sesi wawancara merupakan bagian terbesar menentukan apakah anda layak dan cocok untuk di pekerjakan. Untuk itu tips dari kami adalah :

  1. Perhatikan kerapihan penampilan anda, grooming itu penting.Pakailah pakaian yang tepat dan formal. Hindari penggunaan perhiasan berlebihan atau make up yang mencolok tidak natural. Perhatikan aroma tubuh, rambut dan lain-lain sehingga tampil baik dan jagan lupa gunakan lah parfum yang baik dalam artian aroma nya yang lembut dan tidak membuat pusing.
  2. Cari tahu mengenai perusahaan dimana anda akan di wawancarai, saat ini jauh lebih  udah karena dengan mbah google kita bisa mencari-cari data sepuasnya.
  3. Kenali data pewawancara anda jika memungkinkan tanyalah kepada kenalan anda atau mungkin anda punya teman di perusahaan tersebut.
  4. Datanglah tepat waktu, sebaknya anda minimal datang 15 menit lebih awal dari waktu wawancara. Dengan demikian adan punya waktu untuk berdaptasi dengan linkungan setempat.
  5. Jaga sikap mulai dari anda masuk pintu gerbang perusahaan tersebut sampai keruangan anda akan melakukan wawancara. Mengenai menjaga sikap silahkan lanjutkan baca artikel ini karena menjaga sikap merupakan hal sangat penting. Beberapa poin yang anda haruss perhatikan adalah sbb :
    1. Jaga sopan santun dimanapun anda berada.
    2. Sapalah setiap orang yang kebetulan bertemu dengan anda, namun sappan nya harus wajar saja dan jangan terksan sok akrab. Ingat anda tidak tahu barangkali yang saat anda naik Lift atau memasuki gedung kantor tersebut disitu ada pimpinan perusahaan nya atau mungkin orang yang akan mewawancarai anda nanti nya.
    3. Jagalah tata tertib, hindari bercanda atau melakukan hal lain yang dapat merugikan anda misalnya anda perokok lalu anda merokok ditempat yang tidak semestinya atau makan dan minum ditempat yang kurang pas.
    4. Waspadalah di era modern ini hampir semua gedung perkantoran memasang CCTV, dan bukan tidak  mungkin setiap gerakan anda terekam dan akan di evaluasi oleh pengambil keputusan di kantor tersebut tentang anda.
    5. Selagi menunggu giliran anda di wawancarai, duduk lah dengan tertib dan sopan, hindari memainkan hanphone/ gadget anda apaagi main game hehehehe. Oh iya pastikan bahwa ringtone handphone anda di silent agar tidak menimbulkan kesan berisik.
Setelah hal-hal diatas anda lakukan kini kami akan lanjutkan membahas bagaimana sikap dan tindakan anda ketika mulai dipanggil untuk giliran anda diwawancarai.
  1. Ucapkan terima kasih kepada orang yang menginformasikan giliran anda, ini etika.
  2. Melangkahlah dengan senyum ceria untuk emasauki ruagan tempat dan di wawancarai.
  3. Ketuklah pintu dan permisi kepada irang yang ada didalam nya.
  4. Medekatlah ke meja tempat wawancara sambil tetap senyum dan sapa oarang yang ada didalam ruangan tersebut.
  5. Jangan pernah duduk sebelum anda dipersilahkan duduk.
  6. Pastikan dari awal anda dninilai baik dan bagus, kadang kemuculan awal anda saat wawancara merupakan kunci untuk menentukan anda layak atau tidak atau paling tidak rasa suka dan tidak nya pewawancara terhadap anda.
  7. Jangan pernah memotong obrolan pewawancara.
  8. Jelaskan secara detail dan padat tentang apa yang ditanyakan saja, hindari menjawab diluar kontek materi pertanyaan.
  9. Wawancara bukan tempat untuk curhat, mengeluh atau lain hal walau kadang pewawncara memancing anda kearah sana.
  10. Jangan terkesan mendebat walaupun ada hal yang menurut anda kurang tepat, cukup berikan penjelasan denga cara yang hormat.
  11. Bicaralah dengan tenang dan tidak gugup atau tergesa-gesa, rlek namu bertanggung jawab.
  12. Diakhir wawancara ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan.
  13. Pamitan dengan benar dan sopan.
Catatan kecil dari kami : Kadang pewawancara tidak butuh jawaban tekhnis anda tentang pekerjaan akan tetapi mereka hanya ingin melihat akan sikap, etika, dan gaya anda berkomunikasi. Semoga artikel ini bermanfaat, kami doakan semoga yang masih mencari pekerjaan akan segera di berikan rezeki pekerjaan yang diidamkan, aamiin

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...