Skip to main content

INDIKATOR BISNIS HOTEL

Dalam setiap bisnis tentu ada beberapa poin yang dapat dijadikan indikator untuk mengevaluasi hasil dari pencapaian yang telah dijalankan. Dengan menguasai indikator-indikator tentu akan sangat bermanfaat dalam jalan nya bisnis sehingga dapat kita ketahui secara dini hal-hal terkait untuk dijadikan agenda kerja selanjutnya.
Dalam bisnis perhotelan ada beberapa indikator yang dapat kita jadikan tolak ukur akan keberhasilan bisnis hotel yang kita kelola atau kita miliki. Berikut beberapa indokator penting hotel sbb :
  1. % OCCUPANCY, semakin.tinggi nilai % nya maka.semakin baguslah hotel tsb.
  2. ARR, untuk melihat nilai jual perkamar secara rata-rata.Tentu semakin tinggi angka nya semakin baik pula omzet atau revenue yang akan didapat.
  3. %FOOD COST, ini untuk menilai kinerja dalam bisnis makanan di hotel.Semakin kecil angka % nya bisa jadi bagus,akan tetapi jika nilai % nya terlalu kecil juga perlu di evaluasi bisa jadi qualitas makanan nya buruk
  4. %BEVERAGE COST,sama hal nya dengan poin 3 diatas hanya saja ini untuk mengontrol bisnis minuman.
  5. %PT&ER, nilai % nya didapat dari total seluruh PT & ER perbulan dibagi nominal revenue perbulan dikalikan 100%. Semakin rendah nilai % nya akan semakin baik.
  6. %GOP, akan menunjukkan kekuatan kita menghasilkan penjualan dan kepintaran kita dalam me-manage biaya. Tentu semakin besar % GOP merupakan kebahagian bagi hotel secara menyeluruh.
  7. %NOP, ini adalah nilai.yang menjadi idola para Owner Hotel. Semakin tinggi nilai nya maka Owner pun semaki tersenyum puas.
Nah itulah beberapa indikator bisnis hotel yang patut di fahami. Kita dituntut untuk mengerti berapa % ratio SEHAT untuk masing- masing point.diatas. Dengan memahami nilai ratio yang benar maka dipastikan kita akan tau.kondisi operasional dari hotel yang kita kelola atau miliki. Ingat nilai % kecil belum tentu jelek atau bagus, namun nilai % sesuai dengan ratio lah yang paling tepat. Lantas berapa nilai ratio sehat nya,.serahkan pada kami untuk menganalisa bisnis hotel anda.

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...