Skip to main content

ISTILAH UMUM DI HOTEL

Kadang pada saat kita berada di Hotel tidak jarang kita mendengar istilah yang di sampaikan staff hotel. Sebagai orang awam tentu kadang kita tidak faham maksud dan artinya akan tetapi karena rasa malu atau gengsi kita okay-okay saja. Nah berikut kami sampaikan beberapa istilah hotel yang umum dipakai :

INCOQNITO, istilah jika keberadaan kita di hotel tsb.di rahasiakan dari pihak luar. Jika kita saat menginap di hotel merasa tidak ingin orang lain tau maka mintalah kepada petugas reception mencatat anda sebagai tamu incoqnito.

DOUBLE BED, pengertian ini sering keliru karena sebagian besar tamu beranggapan bahwa Double Bed adalah kamar yang  memiliki tempat tidur dua unit/terpisah. Padahal pengertian yang benar Double Bed adalah kamar yg memiliki satu tempat tidur besar yang muat untuk dua orang. Jika anda butuh kamar dengan 2 tempat tidur terpisah maka anda harus meminta TWIN BED.

ROOM SERVICE, sering di artikan pelayanan kamar. Tidak jarang tamu mengontak bagian ini untuk meminta tambahan bantal atau perlengkapan kamar lain nya. Padahal ROOM SERVICE adalah bagian pelayanan Makanan / Minuman di dalam kamar. 

SHEET, adalah perlengkapan untuk penataan tempat tidur atau dengan kata lain adalah kain sprei.

DOUBLE LOCK, istilah dimana kondisi kamar tamu dalam keadaan kunci ganda sehingga pintu tidak bisa dibuka dengan kunci kamar biasa akan tetapi harus menggunakan Master Key.

LOST AND  FOUND, adalah istilah untuk proses barang tamu yang telah check out tertinggal di area hotel.

DON’T DISTURB, kondisi kamar tsb tidak boleh diganggu mungkin tamu akan istirahat atau sedang dalam kondisi tidak boleh diganggu oleh pegawai hotel. Jika anda berada didalam kamar dan sedang tidak mau diganggu maka pasanglah tanda Don’t Disturb di pintu kamar anda.

PLUS-PLUS,ketika sedang bernego harga kamar di hotel kita suka mendengar harga nya plus-plus.Jangan aneh memang ini umum hotel mengenakan harga kamar plus Pajak Pemerintah dan plus Service Charge/ Jasa Pelayanan. Yang kalau ditotal nilai nya adalah 21% dari harga kamar yang berlaku.

PAXS, istilah ini sering dipakai untuk menyatakan jumlah orang yang berhubungan dengan kegiatan meeting, wedding, acara lain nya.

SKIPPER, adalah istilah untuk tamu yang kabur meninggalkan kewajiban nya pada hotel. Misalnya tamu melunasi rekening kamar nya.

Semoga bermanfaat,jangan lupa like kami.

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...