Internal Makrketing salah satu langkah penting, kita sering disibuk kan denga melakukan external marketing bahkan kegiatan ini kita lakukan dengan kerja keras, fokus, pantang menyerah. Namun kita sering melupakan bahwa internal marketing merupakan kegiatan yang sesungguh nya lebih menghasilkan namun prinsip kerja nya jauh lebih enjoy dan menyenangkan, bahkan tidak perlu theori yang bertele-tele dan biaya nya pun cukup rendah. Lantas kenapa banyak perusahaan melupakan internal marketig?, jawaban nya bervariasi mulai dari pemikiran klasik bahwa marketing harus lah berexpansi dan beraktifitas di luar perusahaan karena marketing berprinsip harus mendatangkan pelanggan.
Apa itu internal marketing?
Internal Marketing adalah sebuah kegiatan terstruktur dan terarah yang dilakukan oleh semua unsur perusahaan didalam perusahaan itu sendiri. Singkat nya internal marketing adalah kegiatan bagaimana kita melayani konsumen yang ada dengan berbagai upaya agar menjadi pelanggan yang loyal dan pada akhir nya mereka bisa menjadi ujung tombak marketing kita di luar sana.
Apa yang dibutuhkan dalam internal marketing?
Perusahaan harus menerapkan konsep pelayanan yang jelas dan terukur.
Perusahaan harus terus memastikan bahwa semua staff yang ada harus menguasai produk yang di buat secara detail.
Melayani keluhan dengan bijaksana dan professional.
Inovasi yang berkesinambungan baik dalam produk maupun pelayanan nya.
Ciptakan sense of belonging yang tinggi kepada semua pegawai.
Dengan dasar diatas maka dapat dipastikan bahwa tamu atau pelanggan akan betah dan tidak pernah berfikir untuk pindah kelain hati atau menjadi loyal. Pada akhir dari semua ini maka dari para pelanggan yang puas akan dengan senang hati mereka membicarakan tentang kehebatan perusahaan kita sehingga akan menjadi bola salju yang teris bergulir dan terus membesar.
Comments
Post a Comment