Skip to main content

Tips MENINGKATKAN REVENUE HOTEL

Sales Tips

HOW TO ACHIEVE MAXIMUM REVENUE AND HIGH OCCUPANCY

Salah satu kewajiban utama Front Office dan Sales Department adalah dapat mencapai tingkat hunian setinggi-tinggi nya dan mencapai revenue yang setinggi-tingginya. Untuk mencapai dan meraih kewajiban ini, tentunya diperlukan staff Front Office dan Sales Team yang handal, Smart dan business oriented, jika tidak sudah dapat dipastikan tingkat hunian dan revenue yang tercapai dari penjualan kamar selalu tidak memuaskan.

Untuk mencapai High Occupancy and Maximum Revenue, ada beberapa hal yg harus di kuasai dan dijalankan denga konsisten oleh Staff Front Office ataupun Sales Team sbb :

  1. Cepat Tanggap terhadap Bisnis :
Artinya kita harus selalu berfikir bahwa setiap customer yg datang, Telephone, dan yg berhubungan dengan kita, adalah Bisnis kita sehingga tanpa harus dikomandoi sudah harus tahu apa yang harus dilakukan dengan cekatan dan tanggap. Sering kali bisnis GAGAL hanya karena customer merasa kurang ditanggapi atau customer memang belum mengerti sehingga mereka merasa tidak yakin dan tidak dibantu. Customer akan tahu bagaimana perusahaan yg baik dan tidak walapun hanya dari hal yg kita anggap sepele. Kita kadang tidak sadar bahwa kita sering ogah2an dalam melayani customer dan cenderung segala sesuatu ingin cepat berlalu tanpa memperhatikan kepentingan tamu.

Contoh sederhana dari Tanggap terhadap Bisnis adalah sbb :
Jika ada customer yg datang/ telephone untuk menanyakan berapa harga kamar kita maka staff FO yg tidak tanggap akan dengan ramah hanya menjelaskan bahwa harga kamar kita adalah….. dan discount kita kasih discount…..akan tetapi customer diatas akan dilayani dengan cara lain jika Staff FO nya merupakan orang yg tanggap dan business oriented. Staff FO yg business oriented akan dengan cekatan melayani customer tsb dengan lebih tanggap, staff ybs disamping menjelaskan harga kamar dan discount yang berlaku maka agar business tidak hilang dia pun menambahakan solusi kepada customer dengan menggali lebih jauh informasi kebutuhan tamu tsb dan jika customer merasa kurang puas dengan harga yang ada maka Staff tsb akan meyakinkan customer tsb bahwa dia akan usahkan Bantu semaksimalmungkin mengenai harga .Setelah dia tahu jumlah kamar yg dibuthkan,berapa hari, dll maka staff ybs pun akan segera action dengan ramah dan memberikan solusi sbb :

Bapak / Ibu untuk harga saat ini adalah sebagaimana yg kami jelaskan sebelumnya, namun kami usahakan Bantu dengan kemungkinan akan ada harga special lagi dari pimpinan kita, untuk itu mohon Bapak/ Ibu dapat meninggalkan nomor telephone dan akan segera kita follow up lebih lanjut……Dari cara berkomunikasi seperti ini maka ada beberapa hal positif bagi kita yaitu Pertama kita memaksa customer untuk menunggu kemungkinan harga khusus dari kita sehingga customer tsb tidak langsung mencari tahu ke tempat lain yg mungkin akan lebih baik dalam melayani mereka.

Dari gambaran hal diatas jelas bahwa Staff FO/ Sales Team tidak boleh hanya menjelaskan sesuai standard umum namun harus lebih detail dan tuntas sehingga Customer tidak lagi berminat untuk mencari harga di hotel lain ataupun merasa bahwa kita tidak cocok dengan mereka. Selain itu harusnya kita berfikir bagaimana caranya agar bisnis ini tidak lepas lagi atau gagal. Harus diingat bahwa semua karyawan Hotel adalah Sales Team yg wajib menjual…Mari kita renungkan bagaimana Gigih nya seorang penjual Asuransi dalam menjual produk mereka…siang…malam tak kenal waktu mereka terus mencari siapa, dimana, bagaimana agar orang mau masuk atau membeli assuransi mereka karena penghasilan mereka sangat tergantung hasil penjualan mereka dan yang lebih seremnya lagi mereka dituntut target penjualan dari waktu ke waktu, sekarang ironis sekali jika kita seorang karyawan hotel…yang akan mendapat income dengan teratur ditambah extra bonus/ service charge yg tidak terbatas sesuai hasil penjualan dan kita pun kadang tanpa harus bersusah payah mencari siapa,dimana dan bagaimana menjual kamar kita, karena customer sering dengan rela datang sendiri untuk membeli produk kita dan kita pun bersyukur bahwa Gaji kita tidak tergantung berapa banyak penjualan kita…sekarang coba berfikir lebih dalam…Kenapa kita yg sudah diberikan pekerjaan semudah ini kok kita tidak bersyukur…bersyukur dalam artian kita harus mencintai dan ikhlas dalam melakukan pekerjaan kita dan selalu berfikir bagaimana kita dapat menghasilkan yang terbaik….sehingga setiap langkah kerja kita selalu dibayangi bagaimana agar Bisnis kita sukses, ramai, untung  dll, sehingga secara langsung kita pun akan mendapatkan kebaikan hal itu.

Harus diingat bahwa tugas utama Sales Team dan FO adalah bekerjasama untuk menciptakan Penjualan kamar yg maksimal dan terarah. FO harus memberikan andil bagaimana tingkat hunian kamar kita maksimal…karena secara garis besar bahwa rendahnya occupancy merupakan tolak ukur lemahnya FO dan Sales Team.


AGEF/IX/BI-2006

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...