Sales Tips
HOW TO ACHIEVE MAXIMUM
REVENUE AND HIGH OCCUPANCY
Salah satu
kewajiban utama Front Office dan Sales Department adalah dapat mencapai tingkat
hunian setinggi-tinggi nya dan mencapai revenue yang setinggi-tingginya. Untuk
mencapai dan meraih kewajiban ini, tentunya diperlukan staff Front Office dan
Sales Team yang handal, Smart dan business oriented, jika tidak sudah dapat
dipastikan tingkat hunian dan revenue yang tercapai dari penjualan kamar selalu
tidak memuaskan.
Untuk mencapai
High Occupancy and Maximum Revenue, ada beberapa hal yg harus di kuasai dan
dijalankan denga konsisten oleh Staff Front Office ataupun Sales Team sbb :
- Cepat Tanggap terhadap
Bisnis :
Artinya kita harus selalu berfikir bahwa setiap customer yg datang,
Telephone, dan yg berhubungan dengan kita, adalah Bisnis kita sehingga tanpa
harus dikomandoi sudah harus tahu apa yang harus dilakukan dengan cekatan dan
tanggap. Sering kali bisnis GAGAL hanya karena customer merasa kurang
ditanggapi atau customer memang belum mengerti sehingga mereka merasa tidak
yakin dan tidak dibantu. Customer akan tahu bagaimana perusahaan yg baik dan
tidak walapun hanya dari hal yg kita anggap sepele. Kita kadang tidak sadar
bahwa kita sering ogah2an dalam melayani customer dan cenderung segala sesuatu
ingin cepat berlalu tanpa memperhatikan kepentingan tamu.
Contoh sederhana dari Tanggap terhadap Bisnis adalah sbb :
Jika ada customer yg datang/ telephone untuk menanyakan berapa harga
kamar kita maka staff FO yg tidak tanggap akan dengan ramah hanya menjelaskan
bahwa harga kamar kita adalah….. dan discount kita kasih discount…..akan tetapi
customer diatas akan dilayani dengan cara lain jika Staff FO nya merupakan
orang yg tanggap dan business oriented. Staff FO yg business oriented akan
dengan cekatan melayani customer tsb dengan lebih tanggap, staff ybs disamping
menjelaskan harga kamar dan discount yang berlaku maka agar business tidak
hilang dia pun menambahakan solusi kepada customer dengan menggali lebih jauh
informasi kebutuhan tamu tsb dan jika customer merasa kurang puas dengan harga
yang ada maka Staff tsb akan meyakinkan customer tsb bahwa dia akan usahkan
Bantu semaksimalmungkin mengenai harga .Setelah dia tahu jumlah kamar yg
dibuthkan,berapa hari, dll maka staff ybs pun akan segera action dengan ramah
dan memberikan solusi sbb :
Bapak / Ibu untuk harga
saat ini adalah sebagaimana yg kami jelaskan sebelumnya, namun kami usahakan Bantu
dengan kemungkinan akan ada harga special lagi dari pimpinan kita, untuk itu
mohon Bapak/ Ibu dapat meninggalkan nomor telephone dan akan segera kita follow
up lebih lanjut……Dari cara berkomunikasi seperti ini maka ada beberapa hal
positif bagi kita yaitu Pertama kita memaksa customer untuk menunggu
kemungkinan harga khusus dari kita sehingga customer tsb tidak langsung mencari
tahu ke tempat lain yg mungkin akan lebih baik dalam melayani mereka.
Dari gambaran hal diatas jelas bahwa Staff FO/ Sales Team tidak
boleh hanya menjelaskan sesuai standard umum namun harus lebih detail dan
tuntas sehingga Customer tidak lagi berminat untuk mencari harga di hotel lain
ataupun merasa bahwa kita tidak cocok dengan mereka. Selain itu harusnya kita
berfikir bagaimana caranya agar bisnis ini tidak lepas lagi atau gagal. Harus
diingat bahwa semua karyawan Hotel adalah Sales Team yg wajib menjual…Mari kita
renungkan bagaimana Gigih nya seorang penjual Asuransi dalam menjual produk
mereka…siang…malam tak kenal waktu mereka terus mencari siapa, dimana,
bagaimana agar orang mau masuk atau membeli assuransi mereka karena penghasilan
mereka sangat tergantung hasil penjualan mereka dan yang lebih seremnya lagi
mereka dituntut target penjualan dari waktu ke waktu, sekarang ironis sekali
jika kita seorang karyawan hotel…yang akan mendapat income dengan teratur
ditambah extra bonus/ service charge yg tidak terbatas sesuai hasil penjualan
dan kita pun kadang tanpa harus bersusah payah mencari siapa,dimana dan
bagaimana menjual kamar kita, karena customer sering dengan rela datang sendiri
untuk membeli produk kita dan kita pun bersyukur bahwa Gaji kita tidak
tergantung berapa banyak penjualan kita…sekarang coba berfikir lebih
dalam…Kenapa kita yg sudah diberikan pekerjaan semudah ini kok kita tidak
bersyukur…bersyukur dalam artian kita harus mencintai dan ikhlas dalam
melakukan pekerjaan kita dan selalu berfikir bagaimana kita dapat menghasilkan
yang terbaik….sehingga setiap langkah kerja kita selalu dibayangi bagaimana
agar Bisnis kita sukses, ramai, untung
dll, sehingga secara langsung kita pun akan mendapatkan kebaikan hal
itu.
Harus diingat bahwa tugas utama Sales Team dan FO adalah bekerjasama
untuk menciptakan Penjualan kamar yg maksimal dan terarah. FO harus memberikan
andil bagaimana tingkat hunian kamar kita maksimal…karena secara garis besar
bahwa rendahnya occupancy merupakan tolak ukur lemahnya FO dan Sales Team.
AGEF/IX/BI-2006
Comments
Post a Comment