Skip to main content

TIPS MENJADI PEMIMPIN HEBAT

“Sangat mudah untuk menajdi PIMPINAN  akan tetapi sangat sulit untuk menjadi PEMIMPIN” Kalimat di awal artikel ini perlu kita resapi makna nya, bahwa untuk semua orang bisa jadi Pimpinan akan tetapi dari sekian banyak Pimpinan hanya sedikit yang benar-benar menjadi Pemimpin. Lantas beda nya apa, toh Pimpinan adalah orang yang memimpin, ya sama tapi untuk menjadi Pemimpin kita butuh proses pembelajaran dan juga perlu menjadi sosok yang amanah bukan sekedar jabatan semata. Pemimpin sangat tahu bahwa jabatan nya adalah gelar yang harus dipertanggung jawab kan baik duniawi maupun akhirat.

Berut penulis mencoba memberikan beberapa Tips untuk bagaimana menajdi Pemimpin Hebat




  Share Information
Tips pertama ini sebagai seorang Pemimpin jangan pernah pelit untuk berbagi Informasi, Berita terbaru
 dan hal-hal yang anda ketahui. Semakin banyak anda berbagi dan sharing hal-hal terbaru kepada orang-
orang yang anda pimpin maka akan semakin membuka wawasan bersama. Ingat wawasan sangat
 diperlukan untuk dapat ber interaksi dengan baik kepada semua orang. Dengan semakin baik nya
 interaksi maka akan semakin baik nilai seseorang dalam memberikan pelayanan.

2Adjust your Style
Kita memang memiliki cara atau style sendiri , sering kita berfikir bahwa ini gaya saya dan mereka harus
 mengikuti gaya saya dan untuk itu kita berupaya keras agar style yang kita miliki harus mereka terima
 dan tiru. Heiii ingatlah bahwa sebagai pemimpin kita tidak bisa hanya berfkir ego kita, tidak semua
 orang yang kita pimpin dapat diperlakukan sama satu dengan yang lain nya. Kita harus mampu memiliki
style yang bervariasai sehingga kita mampu masuk keberbagai kalangan yang juga memilili style
tersendiri. Sebagai pemimpin jangan berharap bahwa orang lain harus menerima gaya kita akan tetapi
kita ada baik nya berfikir waras bahwa kita yang harus menyesuaikan diri agar bisa beradaptasi dengan
baik yang pada akhir nya akan diterima semua orang dengan baik.

 Have Fun
Semua orang  perlu FUN, tidak salah nya anda ciptakan sesuatu yang membawa Team anda menjadi
lebih Fun dan Enjoy. Serius memang perlu akan tetapi tidak ada salah nya luangkan sedkit waktu anda 
untuk mengajak mereka menjadi Fun dan Enjoy. Sedikit humor mungkin perlu sebagai obat pemecah 
ketegangan dan refreshing juga perlu agar team merasa dalam satu wadah yakni wadah kebersamaan.

 Raise your Hand
Ringan tangan mungkin ungkapan sederhana dan tepat untuk tips nomor 4 ini, sebagai pemimpin jangan
pernah berharap bahwa anda hanya perlu dilayani akan tetapi justru pemimpin mengedepan kan untuk
melayani orang lain. Dengan demikian team anda akan melihat nyata akan apa yang anda lakukan dan
tentu mereka jadi termotivasi untuk meniru dan melakukan lebih dari apa yang anda lakukan. Doing by 
Sample agar benar-benar menjadi hal yang selalu dihayati bagi seorang pemimpin. 

Say Thanks
Setiap orang senang di hargai, hal-hal kecil seperti mengucapkan Terima Kasih akan menjadi obat
mujarab yang mampu meningkatkan rasa pecaya diri dari yang menerima ucapan. Terima kasih bisa
diartikan sesuatu pelukan hangat kepada orang lain yang tentu penerima merasa senang dan merasa
sangat dihargai.

Remove Obstacle
Kadang-kadang birokrasi bisa menghambat kreatifitas dan inovasi, pangkas aturan-aturan yang terlalu
ribet atau membuat ribet sebisa mungkin. Hati-hati dengan SOP kadang diartikan oleh team sebagai
sesuatu yang harus dilakukan point demi point padahal yang terpenting dari SOP adalah bagaimana
semua orang tahu dan mengerti inti dan tujuan dari SOP tersebut bukan untuk dihafalkan sehingga
 menjadikan kaku dengan aturan.

7Empower Through Delegation
Kita tahu tidak semua orang mampu melakukan sesuatu sama dengan orang lain atau sama dengan anda
sendiri. Akan tetapi memberikan kepercayan dengan mendelegasikan beberapa tugas tentu akan
membuat anda sebagai pemimpin lebih banyak waktu untuk memikirkan dan melakukan hal-hal inovasi
lain nya.

Set Small Milestone
Jika anda merasa sesuatu sulit dicapai atau diraih seperti sebelum nya atau target anda maka tidak salah
anda untuk merevisi nya dan membuat tonggak baru untuk dicapai. Ingat bisnis tidak selama nya
berjalan sesuai rencana akan tetapi kemampuan kita memberikan motivasi tentu akan membuat team 
anda tidak frustasi.

Focus Your Time
Prinsip kuno yakni 80:20 hal ini tentu tidak berlaku lagi didalam dunia bisinis modern saat ini. Anda
harus balik menjadi 20:80. Artinya 20% anda gunakan untuk memperhatikan orang-orang yang ada di
team anda dan project anda untuk mencapai hasil 80%.

  Give Feedback
Kita sendiri sebagi pemimpin memerlukan Feedback nah apalagi team anda, tentu mereka lebih
membutuhkan hal itu. Selalu lakukan koordinasi meeting, arahan dan berikan masukkan yang benar
 sehingga mereka mengerti bahwa anda juga ikut andil dalam setiap hal yang mereka lakukan. Itulah
beberapa tips untuk menjadi Pemimpin hebat yang sejati nya perlu kita asah setiap waktu sehingga
sebagai pemimpin bukan untuk ditakuti akan tetapi untuk di dukung. Untuk mendapat dukungan tentu
sebagai pemimpin harus lebih mendukung team nya.




Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG DOUBLE OCCUPANCY

Double Occupancy Hal ini sering dibuat dalam angka %,  namun diera komputerize saat ini tidak semua staff hotel di FO bahkan ada juga Manager Hotel yang lupa atau mungkin memang belum tahu apa guna hal ini.  Double Occupancy menunjuk kan akan jumlah penghuni di kamar hotel,  yg semakin besar nilai % nya maka makin berdampak pada beberapa hal.   Untuk informasi bahwa rumus menghitung % Double Occupancy adalah sbb : JUMLAH TAMU dikurangi  JUMLAH KAMAR TERISI dan dibagi JUMLAH KAMAR TERISI lalu dikalikan 100% maka akan didapat nilai % double occupancy.  Beikut dampak langsung dari mengetahui Double Occupancy adalah sbb : Kita bisa menghitung pemakaian Breakfast tamu yang perlu dipersiapkan, dan juga sebagai informasi bagi akunting untuk mengalokasikan biaya Makan Pagi kamar hotel. Untuk mengevaluasi kesesuaian pemakaian guest supply dan guest amenities dikamar, sehingga kita memahami dengan benar saat mengadakan evaluasi expenses da...

JENIS DAN PENANGANAN CREDIT CARD / KARTU KREDIT

A.           JENIS-JENIS CREDIT CARD a.              VISA selalu diawali angka 4 di nomor kartunya b.             MASTER selalu diawali angka 5 di nomor kartunya c.              BCA selalu diawali angka 1 di nomor kartunya d.      Dinner Club, diawali angka 3 di nompor kartunya e.      American Express  diawali angka 3 di nompor kartunya g.      JCB  diawali angka 3 di nompor kartunya B.    VISA ELECTRON Selain kartu kredit ada juga kartu debit, saat ini hamper semua Bank mengelkuarkan Kartu Debit. Untuk lengkapnya ada beberapa jenis kartu Debit yaitu sbb ; a.              VISA ELECTRON    b.    ...

TIPS ADVANCE DEPOSIT HOTEL

Semua tamu dan semua staff FO dan MKT tentulah tau bahwa setiap kali tamu akan menggunakan fasilitas kamar atau MICE haruslah melakukan kewajiban untuk Advance Deposit atau Advance Payment. Tujuan nya jelas karena hotel tidak bisa bermain dg resiko terjadi nya Skipper atau Bad Debt. Sebagian dari pegawai hotel masih banyak yang keliru tentang pemahaman ini, mereka kadang gegabah dalam penerapan nya sehingga menimbulkan dampak negative bagi hotel secara langsung. Dalam tulisan kami kali ini akan kami fokus kan pada poin Advance Deposit untuk Advance Pagment belum kami bahas karena ini lebih sederhana dan tidak ribet. Apa itu Advance Deposit? Pengertian secara umum adalah suatu jenis penerimaan sejumlah pembayaran dan belum menjadi income hotel. Karena hal ini belum menjadi transaksi actual. Apa maksud Advance Deposit? Bicara tujuan nya tentu jelas bahwa Advance Deposit sebagai bentuk jaminan dari pihak ke tiga/tamu untuk suatu pemakaian fasilitas hotel baik berupa Kamar atau Fasilit...